Pages

Sabtu, 28 Agustus 2010

square enix

Square-Enix yang notabane merupakan salah satu produser game RPG yang mempunyai kualitas yang mumpuni, gua pengen kasi tau tentang sejarah Square dan Enix itu sendiri sebelum merger jadi Square Enix. Gua rasa in hal yang penting karena banyak gamer yang ga tau kalo Square Enix sebenarnya merger dan juga buat info2 kali ada yang pengen tau dulunya gimana . :P

Gua taro di bagian PS2 karena selama ini Square Enix selalu mendahulukan game mainstreamnya buat Playstation contohnya Dragon Quest, Final Fantasy Series, Dragon Quest Series, dll. Langsung aja gua mulai ya. ^^

Enix-

Perusahaan ini awalnya bernama "Eidansha Boshu Service Center" yang didirikan pada tanggal 22 September 1975 oleh Yasuhiro Fukusima. Pertama kalinya, Enix hanya publisher, bukan pencipta game seperti sekarang. Saat awal didirikan, Enix hanya mensponsori lomba programing di Jepang. Dari 300 programmer yang ikut, ada 2 nama yang merupakan tonggak keberhasilan dalam penjualan Game Enix, yaitu Koichi Nakamura dan Yuji Horii. Koichi yang memenangkan kontes tersebut dengan judul game Door Door diterbitkan oleh Enix sebagai game stand-alone Enix. Lalu, kedua programmer ini membentuk perusahaan yang bernama Chunsoft yang selanjutya dikenal dengan pembuat Dragon Quest Series.

7 tahun kemudian, Eidansha Boshu Service Center diganti jadi Enix Corporation. 4 tahun kemudian, tepatnya tahun 1986, Enix mengeluarkan game andalannya sampai saat ini, yaitu Dragon Quest yang langsung booming di Jepang untuk NES(Nintendo Entertaiment System) yang pendesignnya adalah pengarang manga terkenal "DragonBall" hingga saat kini yaitu Akira Toriyama.Setahun kemudian, diterbitkan juga Dragon Quest II, dilanjuti dengan Dragon Quest III pada tahun berikutnya, dan berlanjut ampe yang terbaru yaitu Dragon Quest VIII.

Kalo bicara tentang game Dragon Quest, pasti tidak luput dengan maskotnya Slime. Slime yang bentuknya mirip jelly warna biru juga da punya game stand-alonenya buat PS2 ama NDS,(lupa judulnyha :P).

Untuk versi Amerikanya, Dragon Quest diubah jadi Dragon Warrior untuk menghindari masalah trademark pen ama game RPG di kertas keluaran Amerika(DragonQuest) hingga tahun 2005 dengan dirilisnya Dragon Quest VIII:Journey of The Cursed King. Beberapa tahun kemudian, Enix merilis komplikasi DQ I dan II di SNES. Dragon Warrior III dirilis pada tahun 1999 untuk gameboy color. Dragon Quest V dan VI tidak dirilis untuk Amerika bahkan di Eropa tidak ada yang mengenal Dragon Quest ampe dirilisnya Dragon Quest VIII ama Dragon Quest Monsters di sana. Walau versi jepangnya telah terjual sebanyak 40 juta di sana, tapi di Amerika, Franchise Dragon Quest tidak terlalu terkenal oleh sebab perilisannya yang kacau(Tidak dirlisnya Dragon Quest V dan VI di sana).

Enix juga dikenal dengan 2 game RPG lainnya yang mempunyai ciri khas tersendiri seperti Valkyrie Profile dan Star Ocean dari Tri-Ace. Valykrie Profile yang identik dengan mitos dewa dan cerita yang rumit sedangkan Star Ocean mengenalkan sistem gameplay baru dalam RPG.

Enix yang menyadari bahwa dirinya kurang dikenal di Amerika, merasa perlu bergabung dengan Square yang Final Fantasynya sangat terkenal di sana. Maka, Enix memutuskan untuk membeli Square yang juga sedang dilanda bangkrut untuk lebih mempopulerkan franchisenya di sana.

Akhir kata, pengetahuan gua tentang Enix sangat minim jadi maklum kalo banyak informasi yang belum ada di sana. Biar ga pusing bacanya, gua bagi postingan gua jadi 3: Enix, Square , dan Square Enix. Sekali lagi maaf kalo belum memenuhi standard. :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

About